Serumah: mencari kost dengan jarimu.

Bagi yang mendapatkan pekerjaan pertamanya selepas Lebaran ini atau yang akan punya kantor baru, saya ucapkan selamat. Seize your day.

Terkadang pekerjaan baru itu diikuti oleh keharusan untuk pindah lokasi tempat tinggal. Setuju?

Saya dulu memutuskan nge-kost, sih, agar supaya mobilisasi aktivitas pekerjaan yang sering kali mengharuskan ke luar kota menjadi mudah. Mudah ke bandara dan mudah mengambil logistik dari kantor.

Nah, karena tuntutan harus mudah menjangkau kantor itu, maka lokasi kost yang dekat dengan kantor adalah pilihan paling utama. Saya dan Efa (teman berbagi kamar kost-an) bergerilya di wilayah Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Tapi keberhasilan kami mendapatkan tempat kost bukan karena blusukan memasuki tiap jalan dan gang, melainkan berasal dari info teman sekantor. Hahaha…

Setelah tempat kost yang berpotensi untuk ditempati sudah dalam genggaman, saya dan Efa selanjutnya melakukan cek terhadap daftar berikut:

  • Harga
  • Kemudahan berbagi kamar
  • Kondisi kamar: luas, perabotan yang disediakan oleh pemilik kost, kondisi kamar mandi.
  • Fasilitas mencuci dan menyeterika (kalau bisa yang tidak dibatasi. Hohoho)
  • Kondisi lingkungan rumah kost: tingkat hunian, tingkat keramaian, akses ke warteg dan warung, ada penjaga kost atau tidak.
  • Aturan main dari induk semang sendiri.
  • Sementara fasilitas dapur kami kesampingkan karena kami membeli makanan dari luar.

Tuh, kan, word of mouth itu memang mumpuni ketimbang mencari kost dengan berputar-putar di wilayah tertentu. Sekarang selain word of mouth ada, nih, yang menawarkan kepraktisan serupa. Namanya situs Serumah.

Cara menggunakan situs ini seperti menggunakan situs booking hotel. Teman-teman yang mencari kost tinggal mengetikkan wilayah yang dekat dengan lokasi kantor, misalnya. Asyiknya, pencarian bisa dikerucutkan hingga nama jalan.

Selain memberikan fasilitas mencari kost, situs ini juga memberikan fasilitas menemukan orang untuk berbagi kamar kost. Seperti yang saya dan Efa lakukan. Ini membuat kami dapat menekan pengeluaran biaya sewa kamar. Dari penghematan tersebut, kami kemudian menyalurkannya untuk membeli martabak dan cimol yang mangkal di belakang Plaza Indonesia.

Fasilitas ketiga yang Serumah berikan adalah bagi para juragan kost. Mereka bisa mengiklankan rumah kostnya di situs ini.

Kalau melihat situsnya yang sederhana dan mudahnya bernavigasi, saya yakin yang mencari maupun menawarkan rumah kost akan mudah memanfaatkannya.

So, happy hunting guys and good luck!

6 thoughts on “Serumah: mencari kost dengan jarimu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s