belanja makeup di bawah 200 ribu rupiah.

Salah satu hobi yang baru saya tekuni dua tahun belakangan ini adalah membeli makeup dan alat-alat penunjangnya. Supaya makeup dan peralatannya itu tidak sia-sia tentunya harus digunakan, dong, ya. Dan agar semakin lentur mengulas dan memegang alat makeup idealnya harus banyak berlatih membuat riasan. Nah, salah satu sumber pengajaran dalam berias itu saya dapatkan dari beauty vlogger asal negeri sendiri. Kapan-kapan saya ulas vlogger kecintaan saya tersebut.

Tatkala berselancar dari satu kanal beauty vlogger ke kanal beauty vlogger yang lain, terselip sebuah tema yang menarik perhatian saya: belanja makeup di bawah 200 ribu rupiah. Aha! Sepertinya saya bisa mengisi blog saya dengan tema yang sama, nih. Kebetulan hari Minggu dan Senin kemarin saya belanja makeup secara daring dari Tokopedia (bukan iklan, sumpah!). Makeup yang saya beli ini untuk menggantikan makeup saya yang sudah habis. Kalau sebelum-sebelumnya saya banyak blanja-blanji merek drugstore luar negeri, kali ini merek yang saya beli buatan dalam negeri. Bukan barang abal-abal karena sudah terdaftar di BPOM. Keren! Daftar nomor registrasi tiap-tiap makeup tersebut saya sertakan dalam keterangan foto di bawah. Kalau iseng mau cek kebenarannya, silahkan klik tautan ini: http://ceknie.pom.go.id/

Ada dua toko daring yang padanya saya berhasil mengeksekusi kartu debit saya. Pertama toko Yobel Cosmetics asal Bandung. Saya belanja hari Minggu, barang sampai hari Rabu (18/05). Paket makeup saya dibungkus kantung plastik saja tapi isi paket saya terima dalam keadaan utuh.

Keterangan nama barang dan harga bisa dilihat pada foto berikut:

emina_ig
1. Emina Bare With Me Mineral Loose Powder warna Amber (03), Rp 45,900.-, POM NA 18140400509 // 2. Emina Sugar Rush Lip Scrub, Rp 33,900.-, POM NA 18151303739 // 3. Emina Sun Protection SPF 30 PA +++, Rp 26,900.-, POM NA 18151700386. Ongkos kirim Rp 11,000.-.

Toko kedua, Gudang Kosmetik asal Bogor. Kalau yang ini saya belanjanya hari Senin, hari Selasanya (17/05) barang sudah saya terima. Ya, iyalah cepat datangnya, masih satu kota soalnya. Paket dibungkus dengan sederhana menggunakan amplop kertas tapi isi paket tetap dalam kondisi prima saat dibuka.

Keterangannya sebagai berikut:

mizzu fanbo just miss_ig
4. Mizzu Eyeliner Pen warna hitam, Rp 22,000.-, POM NA 18111202612 // 5. Fanbo Eye-Brow Pencil warna coklat, Rp 22,000.-, POM NA 11141200329 // 6. Just Miss Lip Color Lipstick (serut) J-13, Rp 10,000.-, POM NA 18121301108 // 7. Just MIss Lip Color Lipstick (serut) J-39, Rp 10,000.-, POM NA 18131301362. Ongkos kirim Rp 9,000.-.

Oke, setelah perlenongan tersebut saya beberkan, mari lanjutkan tentang bagaimana keseluruhan makeup tersebut tampak di wajah saya. Dan inilah hasilnya:

before makeup_ig.jpg
Sebelum menggunakan riasan. Catatan: foto dibuat di dalam ruangan tanpa penyuntingan kecuali memperkecil berkas dan memotongkan untuk menghasilkan fokus gambar yang diinginkan.
after makeup_ig.jpg
Setelah mengaplikasikan riasan. Catatan: kondisi foto sama dengan foto sebelumnya.

Berikut tahapan yang saya lakukan dalam membuat riasan di atas:

  1. Mengaplikasikan lip scrub.
  2. Mengaplikasikan sunscreen.
  3. Mengaplikasikan bedak tabur ke seluruh wajah, leher dan dada.
  4. Mengaplikasikan pensil alis ke seluruh bagian alias lalu diratakan menggunakan ujung pensil yang tumpul.
  5. Mengaplikasikan eyeliner hanya pada bagian waterline saja.
  6. Mengaplikasikan Just Miss Lip Color Lipstick (serut) nomor J-13 pada bibir.

Lalu  inilah kesan saya terhadap barang-barang riasan yang saya beli itu:

  • Emina Bare With Me Mineral Loose Powder warna Amber (03)
    Sebelumnya: Rimmel London Stay Matte Pressed Powder warna Sandstorm.
    Kesan: saya baru tahu kalau bedak ini jenis bedak mineral. Kenyataan ini lumayan mengerem keinginan untuk mencoba Mineral Botanica Original Loose Foundation. Teksturnya lumayan halus. Warnanya yang agak kekuning-kuningan ternyata sesuai dengan tone wajah dan leher saya. Ada wangi seperti bedak bayi yang menguar tapi tidak mengganggu bagi saya, cenderung memberikan efek menenangkan seperti melihat bayi-bayi. Saya mengaplikasikannya menggunakan kuas bedak, spon bawaannya belum pernah dipakai.
  • Emina Sugar Rush Lip Scrub
    Sebelumnya: e.l.f Lip Scrub
    Kesan: kemasannya mungil dengan warna dan font yang girly. Ada wangi vanilanya. Tesktur gulanya lebih kecil dan tidak selengket e.l.f. sehingga terasa lembut dan mudah diusrek-usrek (bahasa apa ini?) pada bibir. Pastikan jari tangan dalam keadaan bersih saat menggunakannya.
  • Emina Protection SPF 30 PA+++
    Sebelumnya: tidak begitu suka menggunakan sunscreen, hanya mengandalkan SPF yang terkandung dalam pelembab atau primer wajah.
    Kesan: sesuai dengan klaim yang tertera di kemasan belakangnya, sunscreen ini memiliki tekstur yang ringan membuatnya mudah diaplikasikan dan cepat menyerap di kulit. Sekilas wanginya mirip pembersih muka Biore.
  • Mizzu Eyeliner Pen warna hitam
    Sebelumnya: Love Darling Eyeliner bentuk spidol (buatan Jepang).
    Kesan: jauh sebelumnya saya pernah menggunakan eyeliner ini, dan karena sudah lama sekali tidak menggunakan produk ini saya lupa bagaimana wujud ujung kuasnya🙂 Ujung eyelinernya yang lebih ndut dibandingkan eyeliner Love Darling atau Maybelline Hypersharp membuatnya lebih cocok untuk mengisi bingkai eyeliner. Kali ini saya hanya mengaplikasikannya pada bagian waterline. Tidak tahan lama jadinya mudah untuk dihapus.
  • Fanbo Eye-Brow Pencil warna coklat
    Sebelumnya: Silkygirl Natural Brow Pencil warna hitam dan coklat yang dipadukan dengan eyebrow kit dari e.l.f dan NYX.
    Kesan: tidak terlalu pigmented, tapi saya suka karena dengan begitu saya tidak khawatir membuat bingkai alis yang ketebalan.
  • Just Miss Lip Color Lipstick (serut) J-13
    Sebelumnya: macam-macam lipstik termasuk lipstik Just Miss juga yang tidak diketahui nomor berapa.
    Kesan: harus beberapa kali diaplikasikan agar lipstiknya bisa menempel di bibir.
  • Just Miss Lip Color Lipstick (serut) nomor J-39
    Kesan: lebih mudah diaplikasikan daripada J-13.

Ternyata membahas makeup dengan menuliskannya sama menyenangkannya dengan membahasnya secara verbal🙂

16 thoughts on “belanja makeup di bawah 200 ribu rupiah.

    1. Ateuh bagaimana… banyak perlenongan yang menggoyahkan dompet. Rasanya perlu saat ini juga. Eh, tapi yang dibeli ini memang sedang diperlukan. Seperti yang saya tulis, sudah pada habis persediaannya.

          1. Lipstik itu, ya, kalau yang matte umumnya sulit dihapus. Yang creamy suka beleber keluar dari batas bibir.

            Mari berjuang sampai menemukan lipstik andalan. Hehehe…

Leave a Reply

