i’m anxious.

Minggu yang lalu, 28 April 2013, saya mendatangi sebuah event yang menarik, TEDxJakarta nama acaranya. Apa itu TEDxJakarta? Saya sendiri bingung bagaimana menjelaskan kepada keluarga dan teman-teman yang bertanya mengapa saya harus meeting pada dua hari Sabtu di bilangan Gandaria dan Pasar Minggu. Maklum saja, perkenalan saya dengan TEDxJakarta hanya terjadi lewat video-video pembicara yang diunggah di YouTube.

Nah, setelah mengalaminya secara langsung, berikut penjelasan saya tentang TEDxJakarta: saya cenderung menyebut TEDxJakarta itu sebagai sebuah kuliah umum. Pemberi kuliahnya bisa siapa saja, yang penting memiliki buah pikiran yang dapat ditularkan, yang dapat diduplikasi, dan tentu saja dapat menggerakkan sebuah perubahan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pada penyelenggaraannya yang kesembilan ini tema yang diangkat adalah Generation: Anxious. Para pembicara yang hadir pun membawa kecemasannya masing-masing, tersebutlah Roni Pramaditia, Silverius Unggul, Kyla Christie, Khairani Barokka, dan Prof. Yohanes Surya. You can watch how they tackle their anxiety here.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari kelima pembicara yang keren-keren diatas itu adalah bahwa siapapun Anda, apapun keadaan Anda, Anda dapat melakukan perbedaan dengan melakukan sesuatu.

Ada pembicara tentu ada yang diajak bicara bukan? Nah, peserta yang bisa hadir di acara ini bisa siapa saja dan tidak dipungut biaya alias gratis… tis. Anda juga bisa! Dengan catatan yakni harus rajin memantau beragam saluran TEDxJakarta melalui Twitter-nya, laman Facebook-nya, dan situs resminya.

Dalam menjaring peserta kali ini pihak panitia melakukan pengundian, lho. Dengan maksud agar setiap peserta mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa berpartisipasi. Pssst, saya mau kasih bocoran mengenai cara mendapatkan peluang terbesar to be inspiredVolunteering! Rangkaian rapat yang saya sebutkan di atas adalah dalam rangka saya menjadi sukarelawan dalam acara ini.

Di luar kecemasan-kecemasan yang diusung para pembicara saya juga mengalami kecemasan yang harus saya taklukan. Kecemasan saya itu adalah: bergabung dengan sukarelawan yang masih berstatus mahasiswa dan atau fresh graduate. Saya sempat minder karena merasa ketuaan😀

Tapi ibarat kapal sudah menurunkan jangkar, saya tidak bisa serta-merta segera menarik kembali sauhnya. Saya berusaha mengenyampingkan rasa minder tersebut. Saya harus fokus dengan tujuan saya hadir di situ. Alhamdulillah, secara keseluruhan acara berlangsung dengan baik.

My ID, been edited for the sake of this post😀
Schedule of April 28th, 2013 at Teater Salihara.

Have you get inspired by reading this short explanation? Have you eager to attend their upcoming event? Ada kabar baik, nih. Untuk lebih mempersering terjadinya penyebaran ide-ide, TEDxJakarta akan menggelar TEDxJakartaSalon. Konsep acaranya tetap sama, yang membedakan adalah jumlah peserta. Peserta TEDxJakartaSalon lebih sedikit. Dengan demikian hubungan antara si penyebar ide dan calon penerima ide akan lebih intim dan intens.  So, folks, stay tune on canals that I have been mentioned above.

9 thoughts on “i’m anxious.

Leave a Reply

