galau Google Reader.

Alternative readers: WordPress Reader, Feedly and Bloglovin’.

Adakah di antara kalian yang heboh menanggapi berita penghentian layanan Google Reader? Saya termasuk yang gelisah. Karena menurut saya Google Reader itu layanan pembaca/pengumpul RSS yang jempolan. Terlebih lagi bagi yang mengaksesnya lewat browser handphone, ya seperti yang sering saya lakukan.

Agar pihak Google mau berpikir ulang tentang rencananya tersebut, saya pun berpartisipasi mengisi petisi dan mendiseminasi hal tersebut via Twitter. Saya juga membaca beberapa argumentasi orang yang menyayangkan rencana tersebut, sekedar untuk melegitimasi kegalauan saya. Ini merupakan galau teknologi kedua bagi saya semenjak berita tentang “dimatikannya” Posterous oleh perusahaan yang mengakuisisinya di akhir April nanti.

Sampai kemudian saya membaca tulisannya Nita yang menyarankan tidak perlulah galau-galau kehilangan Google Reader karena sejatinya banyak layanan penggantinya, walau belum sama mumpuninya. Setelah melakukan klik-klik di internet, saya memutuskan menggunakan tiga buah layanan RSS feed sekaligus: WordPress Reader, Feedly dan Bloglovin’.

Ketiga layanan yang saya sebutkan itu adalah versi desktopnya. Sementara agar Gemini saya bisa mengakses blog-blog langganan, saya belum menemukan layanan yang sesuai. Ada saran?

43 thoughts on “galau Google Reader.

  1. sayaaaaaaaa….. dari kemaren sibuk download di Google Drive biar nggak lupa link2nya.. kalo di BB kurang tau tapi kalo di Iphone dan Android banyak pilihanya… ganti adroid aja git gimana? denger2 RIM sudah mau hilang lho di Indonesia juga…

    1. Saya malah lebih sering baca blog via mobile. Terutama yang blog-blog WP.

      Dengan Google Reader blog non-WP juga bisa dibaca dengan nyaman via mobile, tapi tak bisa dikomentari, sih🙂

    1. Mbak Ina bisa memulainya dengan melihat WP Reader. Di situ terkumpul blog-blog WP yang Mbak follow. Selanjutnya Mbak bisa menambahkan blog non-WP dengan meng-klik edit di samping tulisan Blogs I Follow yang ada di kolom paling kanan dari tab WP Reader.

      Setelah itu ketikkan saja alamat blog non-WP yang dimaksud dalam kolom “insert url”. Maka daftar blog yang sering dijelajahi pun jadi rapi tersimpan dan tinggal ditunggu saja setiap kali blog-blog tersebut dimuktahirkan.

  2. sebenernya mau di tutup, karena mau di perbaharui dengan aplikasi lain mba, alias tahap pengembangan, kemarin aku baca dari NYTimes gtu sih🙂

  3. saya termasuk yang menggalau sejak tau google reader akan hilang.
    sampai sekarang pun masih blom tau bakal pengganti GR ini😦
    sudah pewe sih soale …

Leave a Reply

