akhirnya datang juga.

Image
Buku-buku pesanan saya yang dikemas dengan baik.
Image
Buku-buku yang saya pesan setelah dirobek kemasannya. Berturut-turut dari yang terbawah: Forever // Judy Blume, The Longest Whale Song // Jacqueline Wilson, The Illustrated Mom // Jacqueline Wilson, Cliffhanger // Jacqueline Wilson, dan Buried Alive // Jacqueline Wilson.

Ini kali pertama saya belanja di The Book Depository (TBD). Hal-hal pertama memang kerap kali memunculkan perasaan takut. Ada pun rasa takutnya seperti ini:

  • Apakah pemesanan sudah tercatat dengan benar?
  • Apakah alamat pengiriman tidak ada yang salah tulis?
  • Apakah pengiriman dari TBD benar memakan waktu 10 hari kerja untuk tiba di Indonesia?
  • Apakah saya akan menerima paket saya dengan utuh?

Silly, ha?😀

Menanti selama 22 hari (hari Sabtu, Minggu dan libur juga dihitung), akhirnya lima judul buku yang saya pesan ada dalam genggaman! Empat judul buku berasal dari karya Jacqueline Wilson, pengarang cerita anak-anak dari Inggris. Judul lainnya karya Judy Blume, pengarang buku remaja dari Amerika Serikat.

Dari pengalaman pertama ini kemudian saya dapat menyimpulkan bahwa belanja di TBD itu akan membuat ketagihan! Karena:

  • Tidak perlu khawatir apakah pencatatan pemesanandan alamat pengiriman sudah benar atau belum, karena TBD akan melakukan konfirmasi via e-mail mengenai hal ini. Ya, iyalah!😀
  • Menunggu sedikit lebih lama tidak akan menyakitkan🙂 Berdasarkan pengalaman saya dan seorang teman, dibutuhkan waktu lebih dari 10 hari bagi paket tersebut untuk sampai di tangan.
  • Walau saya memesan lima buah buku, tapi mereka mengemasnya secara satuan dalam amplop tebal berpelindung plastik.
  • Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal terkait dengan pemesanan Anda, berdasarkan pengalaman saya, respon mereka cukup cepat dalam menangani keluhan (penulis blog ini sempat mengirimkan keluhan untuk meminta nomor resi agar bisa menelusuri posisi paketnya, kisahnya ada pada poin berikut).
  • Walau TBD memberikan fasilitas tracking order dan order history, tapi tidak banyak membantu. Dari perkiraan saya, free shipping yang mereka promosikan itu artinya mengirimkan paket dengan pos biasa yang artinya tanpa disertai nomor resi dari pihak kantor pos. Jadi jika ingin menelusuri keberadaan paket sudah ada di mana, tentu tidak bisa. Mengenai hal ini saya mengirim e-mail lho ke TBD dan dibalas dengan cepat:

I am afraid we do not have a tracking number. I can confirm that your order was sent out to you on 21st March.

Once dispatched we normally allow 7-10 working days for delivery; therefore if it has not arrived by Wednesday 4th April, please check with your local sorting office to see if they are holding any items for you.

If you have still not received this please contact us again confirming that the above address is correct; we will then look into the matter further for you.

Kind Regards, Heba Elahmar, Customer Advisor

  • Harga buku yang saya inginkan tentunya lebih murah dibandingkan membeli di Toko Kinokuniya atau Periplus. Saya belum membandingkannya dengan Amazon.com lho, ya.

Karena saya telah mengirimkan e-mail keluhan, tidak adil rasanya jika tidak memberitahukan pada TBD bahwa akhirnya saya telah menerima paket saya dengan selamat😀

21 thoughts on “akhirnya datang juga.

    1. Belum bisa disebut pengguna setia, karena ini percobaan pertama.

      Malah terbersit rasa takut, takut ketagihan😀 Itu buku-buku dari penulis cerita anak favorit saya, Jacqueline Wilson dan Judy Blume.

  1. kamu pecinta Jacques juga ya? Koleksi kamu udah ada apa aja? Jadi bahan referensi bgt nih TBDnya, soalnya selama ini ngandelin Gramedia yang lama nerbitinnya.

    1. Yang sudah saya koleksi adalah: Girls In Love, Bad Girls, Best Friends, Sleep Overs, Vicky Angel, The Bed And Breakfast Star, Cookie, The Worry Website, Candyfloss, The Cat Mummy, Clean Break, The Diamond Girls, The Illustrated Mum, Lizzie Zipmouth, Lola Rose, The Mum-Minder, My Sister Jodie, The Suitcase Kid, The Longest Whale Song, Buried Alive, Cliffhanger, The Dare Game, Glubbslyme, The Story Of Tracy Beaker, apa lagi ya?

  2. haloo pagit,
    sprtnya menyenangkan pesan buku via tbd ini.. jadi pingini coba, hehe. kadang pingin jg beli buku yg ga beredar di toko buku di sini ya.. kalo ga salah bisa pesan stationary spt; kartu pos gitu jg ya?

    1. Hai, halo, Aldriana. Senang dirimu mampir ke mari😀

      Bukan menyenangkan lagi belanja di TBD, saya ketagihan. Kalau membeli stationary begitu saya belum pernah melakukannya.

  3. Hai mbak Pagit,
    Setelah baca aku jadi pengen belanja di TBD, nih! Tapi aku mau nanya deh, boleh enggak?
    Itu waktu mbak beli buku di TBD dan sampai di rumah, ada biaya tambahan seperti bea cukai dll tidak? Terimakasih🙂

    1. Bertanya? Boleh dong😀

      Yup, buku-buku diantar ke alamat yang diinginkan tanpa biaya tambahan. Jika kita memesan buku lebih dari satu dalam sekali pemesanan, buku-buku akan berdatangan satu per satu.

      Semoga apa yang saya sampaikan ini menjawab pertanyaanmu ya, Imel. Kalau mau tanya-tanya lagi juga boleh. Selamat berbelanja…

      1. Ooh gitu ya, kalau buku yang dipesen diatas $50 juga gak ada pajak dll saat sampai disini?
        Makasih ya mbak Pagitta atas jawaban sebelumnya :3

Leave a Reply

